Jumat, 06 September 2013

Cara Hemat Baterai Andorid dan Mengatasi Baterai Boros Setelah Custom ROM

Penyebab baterai boros di Android adalah karena rata-rata perangkat yang menggunakan sistem operasi Android menggunakan layar sentuh yang tentu saja akan menguras daya baterai. Namun dengan beberapa tips kita kita dapat menghemat baterai Android.

Berikut ini caranya :
  • Matikan Wi-fi, GPS, Bluetooth saat tidak dibutuhkan. Buat saja widget Power Control atau akses dari notification bar.
  • Install aplikasi scheduler untuk otomatis mematikan koneksi jaringan saat tidak digunakan dalam waktu lama misalnya malam hari.
  • Aktifkan Power Saving Mode (jika tersedia). Dengan demikian sistem akan secara otomatis menganalisa gambar atau video yang muncul agar tampil efektif.
  • Gunakan Night Mode saat memotret jika memang tidak perlu menggunakan LED Flash yang sangat menguras baterai.
  • Pilih jaringan yang ingin anda gunakan. Pilih GSM only atau WCDMA only sesuai jaringan diwilayah anda.
  • Matikan fungsi getar dan suara saat sentuh tombol atau layar.
  • Atur pencerahan “automatic brightness” ditingkat rendah.
  • Atur refresh otomatis dari aplikasi jejaring social jangan terlalu cepat (antara 15 – 30 menit) atau pilih manual refresh.
  • Gunakan Portable charger dengan baik karena akan mempengaruhi usia penggunaan baterai.
Terapkan beberapa tips yang ada di atas maka sedikit banyak dapat bermanfaat untuk membantu menghemat penggunaan daya baterai perangkat Android anda.

Cara Mengatasi Baterai Boros Setelah Custom ROM Android 

Setelah melakukan Custom ROM Batre andorid akan mengalami boros dalam penggunaannya dikarenakan baterai belum bisa menyesuaikan kebutuhan atau beradaptasi dengan kernel yang berjalan pada ponsel android.

Cara Mengatasi Baterai Boros Setelah Custom ROM ini sering disebut dengan kalibrasi baterai, jadi cara ini memang tidak langsung menimbulkan efek pada daya tahan baterai. Apa itu kalibrasi dan bagaimana caranya ? Singkatnya kalibrasi itu adalah proses penyesuaian.

Berikut Cara Mengatasi Baterai Boros Setelah Custom ROM Android : 
  1. Dengan cara melakukan charging dalam keadaan mati hingga 100% baru nyalakan. Usahakan normal saja, gunakan hingga 0% kemudian charging hingga 100% kembali dalam keadaan ponsel mati. Proses tersebut dilakukan hingga perputaran 3 kali charging.
  2. Cara Mengatasi Baterai Boros Setelah Custom ROM Android yang kedua ini bisa dibilang mudah namun memerlukan CWM 5 / ClockworkMod 5. Kenapa menggunakan ClockworkMod 5 tidak ClockworkMod 6 yang terbaru ? Ini dikarenakan pada ClockworkMod 6 tidak ada menu wipe battery stats :
  • Pastikan ClockworkMod 5 sudah terpasang di ponsel android
  • Charging baterai hingga 100% kemudian masuk ke ClockworkMod Mode
  • Masuk ke menu Advanced -> Wipe Battery Stats.
Sepertinya cukup disini isi artikel saya kali ini, semoga tips ini bermanfaat.
Sumber : KENTOS.CO
Description: Cara Hemat Baterai Andorid dan Mengatasi Baterai Boros Setelah Custom ROM Rating: 5.0 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Cara Hemat Baterai Andorid dan Mengatasi Baterai Boros Setelah Custom ROM
Posted by: Lala Khasanah
YukShare.Info, Updated at: 22.41

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2013. YukShare.Info - All Rights Reserved YukShare.Info by B-Seo V.5